Memperkuat Good Governance melalui Implementasi SP4N-LAPOR! di Kota Tangerang
Keywords:
Public Complaints, Good Governance, SP4N-LAPORAbstract
Tata kelola yang baik mendukung terciptanya lingkungan yang transparan, akuntabel, efektif dan bertanggung jawab. SP4N-LAPOR merupakan salah satu bentuk e-service berupa pengaduan online yang juga memiliki nilai akuntabilitas dan transparansi yang serupa. Ada hubungan tidak langsung antara konsep tata kelola yang baik dan penciptaan SP4N- LAPOR! Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi SP4N-LAPOR! dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Kota Tangerang. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dalam mengumpulkan data penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa akuntabilitas tidak dirasakan oleh masyarakat akibat proses yang tidak jelas setelah melakukan pengaduan. Transparansi juga kurang dirasakan oleh masyarakat karena asumsi transparansi mengarah pada asumsi
ekonomi dan alur pengolahan laporan. Sementara itu, aspek partisipasi memiliki nilai lebih atau lebih dirasakan oleh masyarakat dan didasarkan pada banyaknya pengaduan yang masuk. Aspek Rule of Law juga memiliki nilai positif karena memiliki kejelasan hukum dalam pembuatan dan implementasi SP4NLAPOR itu sendiri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembangunan Kota Tangerang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.