PENERAPAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM APLIKASI TANGERANG LIVE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA TANGERANG
Keywords:
Tangerang LIVE, Kecerdasan buatan , Pelayanan publik.Abstract
Aplikasi Tangerang LIVE merupakan aplikasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang untuk melayani kebutuhan penduduk Kota Tangerang. Dalam rangka peningkatan pelayanan publik masih perlu ditingkatkan kembali teknologi yang ada di aplikasi tersebut. Dengan perkembangan zaman yang ada, kecerdasan buatan dapat diterapkan dalam aplikasi ini. Kecerdasan buatan ini dapa membantu dalam menganalisis data yang masuk ke dalam aplikasi berupa data pengguna dan perilaku pengguna. Data yang digunakan dalam penulisan kali ini adalah data dari Diskominfo berupa data statistik pengguna aplikasi Tangerang LIVE, metode penulisan berupa analisis deskripsi dan studi literatur. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan kecerdasan buatan dapat meningkatkan pelayanan publik di masyarakat. Pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, walaupun hasil analisis AI dalam layanan ketenagakerjaan, kesehatan, maupun hukum hanya berupa prediksi, yang dapat menggantikan SDM pembuat prediksi seperti pewawancara, radilogis maupun pengacara. Keputusan akhir pengambilan tindakan tetap diserahkan pada ahlinya (direktur/dokter/hakim).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pembangunan Kota Tangerang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.