Analisis Pemberdayaan UMKM pada Kampung Tematik di Kota Tangerang

Authors

  • Hendra Galuh Febrianto UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
  • Amalia Indah Fitriana Universitas Muhammadiyah Tangerang

Keywords:

Pemberdayaan UMKM, kampung tematik, Kota Tangerang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran mengenai pelaku UMKM di kampung tematik pada kota Tangerang terkait dengan strategi dan pemberdayaan UMKM. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dan kualitatif. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu pelaku UMKM yang ada di kampung tematik di kota Tangerang, dengan sampel sebanyak 15 responden dari 5 kampung tematik yang memiliki potensi untuk diperdayakan. Metode pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner, wawancara dan juga observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan dari faktor tingkat kepentingan internal seperti pemasaran, produksi, sumber daya manusia, keuangan, dan akuntansi, pelaku UMKM menilai faktor itu penting. Sedangkan faktor tingkat kepentingan eksternal seperti, kondisi sosial dan ekonomi, teknologi, pembeli, dan pesaing dinilai oleh pelaku UMKM itu penting.

Kata Kunci: Pemberdayaan UMKM, Kampung Tematik

 

Abstract

The purpose of this study is to find out a description of MSME actors in thematic villages in the city of Tangerang related to the strategy and empowerment of SMEs. This research is included in descriptive and qualitative research. The population and sample used are SME actors in thematic villages in the city of Tangerang, with a sample of 15 respondents from 5 thematic villages that have the potential to be exploited. The data collection method is by distributing questionnaires, interviews and also direct observation to the field. The results of this study show that from factors of internal importance such as marketing, production, human resources, finance, and accounting, SME actors assess these factors as important. Meanwhile, factors of the level of external importance such as social and economic conditions, technology, buyers, and competitors are considered important by SME actors.

Keywords: Empowering SMEs, Thematic Villages

Downloads

Published

2023-06-21